Tips Simpel Cara Mengatasi Diare

Cara Mengatasi Diare – Diare merupakan penyakit yang umum kita alami saat terjadi gangguan dalam saluran pencernaan. Proses diare biasanya berawal dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Baik makanan yang kotor dan mengandung bakteri, tidak higienis, terlalu pedas, ataupun makanan yang telah basi atau kedaluwarsa.

Penyakit diare ditandai dengan gejala saat buang air besar yang berbeda dari biasanya. Baik dari segi frekuensi yang lebih sering maupun bentuknya yang lebih cair, atau bahkan hanya berbentuk cairan atau lendir. Frekuensi ini berbeda-beda untuk setiap orang, namun umumnya bila dilakukan lebih dari tiga kali maka dapat diindikasikan sebagai gejala diare.

Tak jarang pula proses diare kemudian diikuti dengan gejala lainnya yang perlu diwaspadai. Seperti saat buang air besar, bukan hanya berbentuk cair namun diikuti dengan keluarnya darah. Ada juga yang disertai dengan muntah-muntah, sehingga disebut muntaber atau muntah dan berak. Gejala-gejala ini muncul sebagai tanda terjadinya infeksi dalam saluran pernafasan maupun adanya komplikasi yang lebih luas.

Penyebab Sakit Diare

Kasus diare kebanyakan disebabkan oleh kualitas makanan yang kita makan dan masuk ke dalam perut. Kualitas makanan ini berhubungan dengan masalah kebersihan lingkungan maupun higienitas bahan makanan yang digunakan untuk membuatnya. Air minum yang tidak dimasak terlebih dahulu, bahan makanan yang tidak bersih, maupun makanan yang dihinggapi lalat yang mengandung bakteri adalah penyebab sebagian besar kasus diare. Begitu juga dengan kebiasaan mencuci tangan sebelum makan.

Selain masalah higienitas, diare juga berhubungan dengan masalah kebiasaan. Masyarakat Indonesia umumnya kurang menyukai konsumsi susu sapi, sehingga ketika meminum susu sapi mereka sering mengalami diare akibat tidak adanya enzim laktase dalam pencernaan. Apalagi saat susu sapi disajikan pagi hari sebagai menu sarapan, seringkali perut dan saluran pencernaan kita tidak sanggup mengolahnya dengan baik sehingga menyebabkan diare.

Khasiat Buah Salak untuk Mengatasi Diare

Dari makanan maupun minuman yang dikonsumsi inilah proses diare berlangsung. Langkah darurat yang perlu dilakukan sebagai cara mengatasi diare adalah menghentikan makan makanan yang tengah dimakan, dan minum air putih yang agak banyak. Selain untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat buang air besar, air putih juga dapat membantu meringankan dan menetralisir tubuh akibat keracunan makanan. Baca juga tentang kesehatan ginjal.

Selain itu kita juga dapat memakan buah-buahan yang banyak mengandung air, seperti jeruk, apel, pir, melon, atau semangka. Selain mengandung banyak air dan serat yang baik untuk membantu mengatasi perut yang sedang bermasalah, buah-buahan itu juga banyak mengandung zat gizi yang berguna untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, bila diare terjadi saat Anda dalam perjalanan sehingga agak sulit mendapatkan pengobatan darurat, cobalah makan buah salak. Rasanya yang masam dan sepat juga sangat berguna dalam membantu menetralisir bakteri yang menyerang saluran pencernaan. Buah ini setidaknya dapat membantu menghentikan sebagai cara mengatasi diare dan membuat perut terasa lebih nyaman.

Post A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *