Tips Perawatan Kulit dari Jamur

Tips Perawatan Kulit – Kita tentu mengenal atau pernah mengalami rasa jengkel dengan berbagai jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Dari panu, kadas, hingga rasa gatal di kulit. Apalagi jenis maupun jumlah jamur kulit sangat banyak, dan dapat setiap saat menyerang saat kulit kita kotor. Karena itu, perawatan kulit yang baik dan rutin dilakukan sangat penting untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit.

Fungsi Kulit

Kulit terdrii dari dua lapisan, yaitu lapisan kulit ari atau epidermis dan kulit jangat atau dermis yang memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Kulit ari yang terdapat di bagian luar kulit terdiri dari lapis tanduk di bagian atas dan lapis benih yang berada dibawahnya yang selalu membuat sel-sel epitel baru.

Lapisan terluar ini berguna melindungi organ tubuh dari benturan. Begitu juga pigmen melanin yang memberi warna pada kulit juga terdapat di lapisan luar ini dan berfungsi untuk melindunginya dari pengaruh ultraviolet, terutama dari sinar matahari maupun bahan-bahan berbahaya yang lainnya yang dapat mengenai tubuh.

Sedangkan kulit jangat atau dermis merupakan jaringan ikat yang terdiri dari banyak pembuluh darah dan saraf-saraf. Dalam lapisan ini juga terdapat kelenjar keringat yang berfungsi sebagai salah satu alat ekskresi untuk membuang berbagai zat sampah dari dalam tubuh dalam bentuk keringat. Meskipun jumlah keringat yang dibuang setiap orang berbeda-beda tergantung dari aktifitas maupun proses metabolisme dalam tubuh, namun jumlah keringat yang dibuang setiap hari bisa mencapai 2 liter.

Cara Perawatan Kulit

Proses ekskresi melalui kulit dapat merangsang jamur yang terdapat di udara untuk menempel dan melakukan serangan. Kandungan keringat yang terdiri dari air, garam, dan zat sisa buangan yang tidak segera dibersihkan dengan baik dapat mengundang jamur dan merangsang terjadinya penyakit kulit. Apalagi untuk jenis kulit berminyak, makin mudah terserang penyakit akibat jamur kulit, terutama bila tidak dibersihkan dan dirawat dengan baik. Lihat juga cara menghilangkan bekas jerawat secara alami.

Serangan jamur kulit yang paling sering terjadi adalah bau badan yang tidak sedap dan rasa gatal. Keringat segar itu sendiri pada dasarnya tidak berbau. Bau badan tak sedap timbul akibat bakteri jamur yang menempel dan terdapat dalam keringat. Jamur ini paling sering menyerang dan senang dengan daerah sekitar lipatan tubuh, seperti pada ketiak, di sekitar selangkangan, serta di sekitar payudara.

Salah satu perawatan yang paling mudah dilakukan adalah mandi dengan menggunakan sabun anti septik maupun anti bakteri. Paling tidak hal ini dilakukan usai berolahraga atau bekerja keras yang menghasilkan banyak keringat.

Selain itu, kita juga dapat menggunakan deodoran yang biasanya terbuat dari campuran wangi-wangian dengan zat anti kuman. Selain untuk membantu mengatasi sisa kuman, bakteri, dan jamur kulit, tips perawatan kulit dengan deodorant juga dapat menekan bau badan yang kurang sedap.

Post A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *