Tips Penting Menjaga Kesehatan Ginjal

Kesehatan Ginjal – Ginjal merupakan organ di dalam tubuh yang terdiri dari dua buah dan berbentuk mirip kacang. Letaknya di dalam perut, tepatnya di bawah hati dan limpa. Kedua ginjal ini dilapisi oleh lemak pararenal dan lemak perirenal yang berfungsi untuk melindunginya terhadap goncangan. Sebagai organ ekskresi, sepasang ginjal ini sangat penting peranannya dalam metablolisme itu. Karena itu menjaga kesehatan ginjal akan dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Fungsi Ginjal

Ginjal memainkan peranan sangat penting dalam melancarkan berbagai fungsi di dalam tubuh. Diantaranya ginjal berperan dalam menyaring darah dan membersihkan kotoran atau limbah yang terdapat didalamnya, menstimulasi produksi sel-sel darah merah, mengontrol tekanan darah, serta menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Melalui darah yang sudah bersih ini pula lalu dipompa ke dalam jantung.

Ginjal juga berperan ekskresi sisa hasil metabolism atau membuang dan mengeluarkan berbagai limbah dan sampah dari hasil metabolisme tubuh melalui saluran kemih. Ginjal juga penting dalam untuk mengatur keseimbangan asam dan basa dalam tubuh, jumlah cairan, serta konsentrasi elektrolit yang masuk.

Hormon Ginjal

Pentingnya menjaga kesehatan ginjal terutama untuk mendukung salah satu fungsi utama ginjal dalam melakukan sekresi horman atau memproduksi hormon. Ada beberapa hormone yang turut meningkatkan kinerja ginjal dalam menjaga kesehatan tubuh. Diantaranya hormone rennin yang meregulasi mineral tubuh, mengatur kadar cairan maupun tekanan darah.

Ketika tubuh kekurangan air atau mengalami dehidrasi, maka ginjal akan menahan ketersediaan air sehingga air kencing menjadi pekat dan berwarna yang menandakan terjadinya ketidakseimbangan. Sebaliknya, bila suplai air dalam tubuh mencukupi, maka kelebihannya akan dikeluarkan melalui air kencing yang benih dan lancer, yang memperlihatkan kondisi tubuh normal dan relatif baik.

Begitu juga dengan hormon erythropoietin yang bertugas merangsang produksi sel-sel darah merah oleh sumsum tulang. Saat tingkat oksigen menurun, maka hormon erythropoietin pun juga meningkatkan untuk memproduksi sel darah dalam jumlah lebih banyak. Hal ini untuk menjaga agak metabolisme tubuh dapat berlangsung normal dan seimbang.Baca juga askep diabetes mellitus.

Pemeliharaan Ginjal

Dengan memperhatikan fungsi dan tugas ginjal dalam menjaga metabolisme tubuh, maka menjaga kesehatan ginjal merupakan cara antisipatif terbaik agar tidak terserang penyakit. Langkah pemeliharaan yang perlu dilakukan diantaranya adalah :

  • Minum air putih yang cukup, setidaknya 2 liter setiap hari, terutama untuk menjaga agar tidak terjadi dehidrasi yang akan membuat ginjal bekerja ekstra keras.
  • Berolah raga yang cukup di udara yang bersih dan kaya oksigen. Ini penting agar suplai oksigen dalam darah juga mencukupi dan membantu meringankan kerja ginjal serta meningkatkan kinerja jantung maupun organ tubuh lainnya.
  • Kurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung zat kimia, makanan beracun, maupun makanan berlemak. Toksik yang menumpuk dalam tubuh selama waktu yang lama akan dapat mengganggu kerja ginjal, bahkan bisa menyebabkan gagal ginjal.

Demikianlah tips penting menjaga kesehatan ginjal yag semoga bermanfaat untuk anda.

Post A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *