Tips Mengatur Makanan Untuk Penderita Diabetes

Mengatur menu makanan untuk penderita diabetes merupakan salah satu solusi untuk menekan dan mengendalikan penyakit gula darah. Apalagi obat yang efektif untukmengatasi penyakit ini belum bisa ditemukan hingga saat ini.

Gaya hidup dan perilaku yang dijalani masyarakat saat ini telaah ebrubah seiring kemajuan ekonomi yang makin meningkat. Salah satu fenomena yang mengiringi kemajuan suatu masyarakat adalah munculnya penyakit diabetes mellitus. Sejumlah studi menemukan korelasi yang positif antara meningkatnya kesejahteraan masyarakat di suatu negara dengan jumlah penderita diabetes. Makin makmur masyarakat makin banyak pula orang yang terkena penyakit ini.

Diabetes mellitus atau penyakit kencing manis merupakan kelainan yang terjadi pada metabolisme tubuh. Memang banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kelainan tersebut. Namun penyakit ini sering dihubungkan dengan fenomena obesitas, pola konsumsi yang salah, dan kurang berolah raga, selain karena faktor keturunan.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes

Ketika seseorang sudah didiagnnosis penyakit ini, maka dia harus melakukan pengobatan yang intensif dan menjalani terapi khusus. Apalagi penyakit ini sering dikatakan sebagai penyakit induk yang dapat memicu atau merangsang timbulnya berbagai penyakit lainnya sehingga dapat menimbulkan komplikasi. Berbagai pantangan makanan pun harus dijalaninya.

Memang banyak informasi yang disampaikan berbagai kalangan tentang apa saja larangan dan pantangan makanan untuk penderita diabetes. Di internet pun tak sedikit artikel yang berisi tentang larangan yang harus dijalani orang yang menderita kencing manis. Akibatnya, tak sedikit penderita penyakit ini yang kemudian seperti kehilangan semangat hidup, hidup dalam banyak batasan, dan tak jarang membuat frustrasi.

Kondisi semacam ini sebenarnya justru kurang menguntungkan bagi proses penyembuhan orang yang terkena diabetes. Secara psikologis, semangat hidup yang menurun ataupun tekanan yang dialaminya justru dapat memicu munculnya penyakit maupun kelainan kejiwaan. Berbagai penyakit degenaratif yang sejenis dengan diabetes, seperti penyakit jantung atau hipertensi tak jarang berhubungan atau terjadi akibat kondisi psikologis yang menurun.

Menu Makanan Sehari-Hari Untuk Penderita Diabetes

Dari berbagai jenis kandungan gizi yang terdapat dalam makanan, penderita diabetes memang harus mewaspadai kandungan karbohidrat, protein, dan lemak. Pengaturan makanan pada ketiga unsure gizi itu penting karena terjadinya gangguan metabolisme tubuh akibat defisiensi sekresi hormon insulin maupun defisiensi penyaluran glukosa atau zat gula. Baca juga cara mengatasi diare.

Karena itulah makanan untuk penderita diabetes dianjurkan dengan mengganti makanan nasi dengan makanan jenis padi-padian maupun sereal yang mengandung serat tinggi. Gula sebagai bentuk karbohidrat sederhana juga tidak terlalu penting bagi tubuh. Selain itu, orang yang menderita diabetes sebaiknya juga menghindari makanan yang manis, seperti madu, dodol, sirup, kue manis, serta makanan buatan lainnya yang serba manis.

Begitu juga dengan makanan tinggi kolesterol juga harus dihindari, seperti jeroan, hati, ataupun jenis daging yang banyak mengandung lemak. Begitu juga dengan makanan yang mengandung garam dan vitsin juga harus dihindari karena memang kurang bermanfaat bagi tubuh.

Selain beberapa pantangan seperti di atas, seorang penderita diabetes dapat mengkonsumsi makanan seperti halnya orang yang tidak terkena diabetes. Pola menu makanan untuk penderita diabetes dengan gizi seimbang yang dianut umumnya masyarakat juga dapat dilakukan orang yang terkena diabetes. Bahkan konsumsi gizi seimbang penting untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah, serta mengurangi penderita penyakit ini dari ketergantungan obat.

Pendek kata, gaya hidup sehat dan alami dengan mengatur pola dan menu makanan untuk penderita diabetes dapat menjadi alternatif untuk menekan atau bahkan menyembuhkan penyakitnya tersebut.

Post A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *