Tips Memilih dan Mengatur Menu Diet Sehat

Mengatur menu diet sehat bisa dilakukan tanpa harus mengurangi jumlah makan. Apalagi kalau kita termasuk orang yang sibuk dan pekerja keras. Salah satu petaka yang ditakuti kaum hawa terhadap kondisi tubuhnya adalah bertambah gemuk. Karena itu diet menjadi langkah praktis untuk mengatasi penambahan berat badan. Namun tak jarang diet sekedar dipahami sebagai mengurangi jumlah atau porsi makan.

Kebutuhan kalori setiap orang tentu berbeda-beda, baik karena perbedaan usia, jenis kelamin, maupun jenis aktifitas hariannya. Namun secara umum kebutuhan kalori wanita lebih rendah dari pria. Kalau kebutuhan kalori pria rata-rata 2.500 kalori per hari, wanita hanya 2.200 kalori perhari.

Dengan memperhatikan kebutuhan tubuh, diet dapat dilakukan dengan mengganti sejumlah jenis makanan dengan makanan pengganti. Namun makanan pengganti ini tetap harus mengandung gizi yang cukup untuk mendukung kegiatan sehari-hari. Kuncinya, cermat memilih makanan sehat untuk diet yang sehat. Jangan sampai diet dilakukan tapi malah membuat tubuh loyo dan mengganggu aktifitas dan pekerjaan.

Tips Menu Diet Sehat

Beberapa jenis makanan sehat untuk menu diet sehat yang baik di bawah ini dapat dipilih, diantaranya :

Zat Tenaga

Untuk mengganti beras sebagai sumber zat tenaga tak ada salahnya memilih ubi jalar ungu sebagai menu makanan sehat untuk diet. Makanan khas Indonesia ini ternyata mengandung banyak gizi yang sangat bermanfaat untuk program diet. Ubi jalar ungu diketahui rendah kolesterol (bahkan mendekati nol), rendah sodium, rendah gula, namun kaya vitamin A.

Ubi jalar ungu juga mengandung beta karoten yang sangat bermanfaat dalam membantu pertumbuhan tulang, gigi, rambut dan kulit. Selain itu makanan ini juga mengandung zat anti oksidan yang sangat baik dalam meningkatkan system imunitas tubuh, memperlambat proses penuaan, serta mencegah dan menanggulangi penyakit jantung dan kanker.

Zat Pengatur

Untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin sebagai zat pengatur, buah apel dan wortel sangat baik untuk dimasukkan sebagai menu diet. Apel diketahui mengandung pektin, hidrat arang, protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B, dan vitamin C, dan rendah kalori. Begitu juga dengan wortel yang dikenal rendah kalori namun kaya vitamin, protein, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C. Baca juga cara menurunkan berat badan secara alami.

Zat Pembangun

Untuk memenuhi kebutuhan zat pembangunan, sebaiknya pilih makanan dari jenis kacang-kacang yang kaya serat, serta susu dan produk turunan hewani namun yang rendah lemak. Namun karena lemak juga dibutuhkan tubuh, pilih makanan yang mengandung lemak baik dan hindari lemak jenuh.

Itulah tips memilih dan mengatur menu diet sehat yang semoga bermanfaat untuk anda yang ingin menurunkan berat badannya.

Post A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *