Tips Kesehatan Gigi dan Gusi yang Wajib Anda Tahu

Tips kesehatan gigi yang akan diulaas ini mungkin berguna untuk anda. Masalah kesehatan gigi dan gusi ternyata memegang peranan sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dengan gigi dan gusi yang putih, bersih, dan sehat, bukan saja akan membuat penampilan wajah menjadi menarik, namun juga dapat membuat kita dapat menikmati berbagai makanan yang kita makan. Sebaliknya, gangguan pada gigi dan gusi ternyata dapat menyebabkan menimbulkan terjadinya penyakit pada bagian tubuh lainnya.

Peranan gigi yang penting juga terlihat dari susunan struktur pada wajah kita. Gigi, gusi, maupun tulang penyangga gigi berperan penting dalam mendukung struktur otot pada wajah. Wajah pun akan terlihat kencang. Tanpa dukungan penyangga tersebut, pipi akan terlihat cekung dan kempot, bibir mengendur, sehingga wajah akan terlihat kurus dan lesu. Kita pun tak akan dapat tersenyum manis dengan penampilan semacam ini.

Jaringan Syaraf Gigi

Kalau kita mencoba merasakan dan memperhatikan dengan seksama rongga mulut kita, maka kita dapat merasakan hubungannya dengan bagian rongga tubuh lainnya. Begitu juga dengan gigi yang ditopang tulang dan gusi sehingga berada dalam rahang mulut. Rahang bawah juga terhubung dengan rahang atas yang statis, sedangkan gerakan rahang bawah dapat dilakukan oleh tulang sendi yang terletak di depan telinga yang dinamakan temporo mandibular. Baca juga makanan untuk penderita diabetes.

Struktur gigi yang demikian juga berhubungan dengan jaringan syaraf pada bagian tubuh lainnya. Bila terjadi sesuatu pada gigi dan gusi, maka dapat menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan dan penyakit pada bagian tubuh lainnya. Sebuah hasil penelitian menemukan bahwa penyakit jantung, stroke, maupun kelahiran premature berhubungan kesehatan gigi dan gusi, khususnya akibat bakteri yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada gigi maupun terjadinya infeksi pada gusi.

Perawatan Gigi dan Gusi

Begitu juga sebaliknya, penyakit yang terjadi pada bagian tubuh dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada gigi dan gusi. Karena itulah apabila tubuh terserang suatu penyakit, tak jarang dokter atau ahli terapi melihat mulut kita, terutama kondisi gigi, gusi, dan rongga mulut. Beberapa jenis penyakit, seperti penyakit kelamin, penyakit malnutrisi terlihat dari kelainan atau gangguan yang munculnya di dalam rongga mulut tersebut.

Bahkan ada sebuah penelitian yang menemukan hubungan antara penyakit diabetes dengan penyakit gusi. Penderita diabetes yang mempunyai kelainan pada gusinya, memiliki risiko 3 kali lebih besar terkena serangan jantung dari pada diabetisi yang tanpa penyakit gusi.

Salah satu cara perawatan dasar yang penting dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi adalah dengan menjaga kebersihan mulut. Diantaranya dengan selalu membersihkan karang gigi maupun membersihkan sisa makanan di sela gigi dan gusi dengan bersikap gigi setiap kali habis makan. Selain itu, hindari makan makanan yang manis ataupun makanan yang terbuat dari tepung atau gula. Tips kesehatan gigi yang juga tak kalah pentingnya adalah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium untuk memperkuat gigi dan gusi.

Post A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *