Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Susu Kedelai – Susu merupakan minuman bergizi tinggi yang sangat menyehatkan. Selama ini susu yang dikonsumsi kebanyakan merupakan susu hewani yang dihasilkan dari sapi, kerbau, atau kambing. Namun belakangan juga telah dihasilkan susu yang diproduksi dari bahan kacang-kacangan, seperti kedelai dan kacang hijau. Manfaat susu kacang kedelai ataupun kacang hijau sangat besar bagi kesehatan.

Namun sayangnya, susu dianggap merupakan konsumsi khusus untuk bayi, anak-anak, dan orang lanjut usia. Susu belum menjadi menu harian semua kelompok usia. Bahkan tidak jarang cibiran sering dilontarkan terhadap orang dengan usia remaja dan dewasa yang masih mengkonsumsi susu karena dianggap seperti anak-anak.

Dibandingkan susu hewani, manfaat susu kacang-kacangan ini bahkan dinilai lebih baik. Susu kacang kedelai mengandung berbagai zat gizi, seperti protein, lemak nabati, karbohidrat, serat/fiber, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin E, mineral, kalsium, polisakarida, isoflavon, dan kolesterol (HDL dan LDL). Susu kedelai bahkan dinilai dapat dijadikan alternatif terbaik pengganti susu formula.

Bau langu yang terdapat pada susu kedelai berasal dari kandungan isoflavon, salah satu jenis flavanoid yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Isoflavon berfungsi melancarkan metabolisme dan pencernaan, meningkatkan sistem imunitas, memperkuat tulang, menstabilkan tekanan darah, menurunkan dan menstabilkan kadar kolestrol dan kadar gula dalam darah, dan mencegah obesitas.

Isoflavon juga berguna untuk mencegah penyakit ginjal, mengurangi gejala jantung koroner, mengurangi gejala stroke, mengatasi rematik dan asam urat, menghilangkan rasa lelah dan lesu, memperlambat penuaan sel, mencegah tumbuhnya kanker, dan meningkatkan daya kognitif otak. Banyak ahli gizi menyarankan setiap orang untuk mengkonsumsi isoflavon kedelai sekitar 50-100 mg perhari.

Di dalam kedelai, juga terdapat polisakarida yang berfungsi untuk menekan kadar glukosa dan trigliserida postpandrial, serta menurunkan rasio insulin-glukosa postpandrial. Kandungan ini dapat membantu mengendalikan kadar gula dalam darah yang melebihi batas, sehingga dapat mengendalikan penyakit gula (diabetes mellitus). Bandingkan dengan manfaat buah apel.

Selain itu, dalam kacang kedelai juga terdapat kandungan serat jenis mucilage dan gum guar. Serat ini berperan dalam menurunkan kolesterol dan mengurangi kadar gula dalam darah. Serat jenis ini juga bermanfaat membantu program diet dalam menurunkan berat badan karena membantu proses metabolism lambung dengan pertambahan volumenya sehingga perut merasa kenyang dan menunda rasa lapar.

Bagi Anda yang mungkin kurang cocok atau sering sakit perut setelah minum susu sapi atau susu formula, tak ada salahnya mencoba susu yang dibuat dari kacang kedelai. Selain rasanya yang enak, manfaat susu kacang kedelai juga sangat besar untuk menjaga kesehatan tubuh. Apalagi susu kedelai tidak menyebabkan kegemukan, sehingga cocok untuk Anda yang tidak ingin menambah berat badan. Apalagi bila kacang kedelai sebagai bahannya dipanen dari pertanian organik, tentu akan memberikan manfaat susu kedelai yang lebih optimal.

Post A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *