Kandungan Gizi dan Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan

Tahukah anda jika manfaat susu kambing untuk kesehatan ternyata jauh lebih besar dibandingkan berbagai jenis susu yang ada. Bahkan komposisi nutrisi dan kandungan gizi susu kambing setara dengan ASI. ASI yang dianggap sebagai minuman terbaik jika terhambat dan mau keluar usai melahirkan, sang bayi bisa diberikan susu kambing sebagai gantinya.

Meskipun manfaatnya yang besar dan popularitas susu kambing makin dikenal namun tingkat konsumsi masyarakat masih kalah dengan susu sapi. Rasa susu kambing yang unik akan terasa makin nikmat jika ditambah dengan dengan madu, coklat, ataupun jahe.

Perbandingan Kandungan Gizi Susu Kambing dengan Susu Lain

Kalsium merupakan nutrisi yang banyak terdapat dalam berbagai jensi susu. Namun dalam susu kambing, jumlah kalsiumnya jauh lebih banyak dibandingkan susu sapi maupun ASI. Berikut ini perbandingan kandungan nutrisi berbagai jenis susu, dari susu kambing, susu sapi, dan ASI.

TABEL

Selain itu susu kambing juga mengandung banyak nutrisi lainnya yang sangat berguna untuk kesehatan, seperti mineral alkaline, A2-betakasein + Asam Amino Essensial, Zincun (Zn), cynokobalamin, dan lainnya. Kandungan asam lemak esensial dalam susu kambing juga lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Susu kambing juga mengandung asam lemak antimikroba yang dbutuhkan untuk menjaga kesehatan.

Yang menarik, susu kambing tidak mengandung protein kompleks sehingga tidak menyebabkan alergi seperti dialami banyak orang saat minum susu sapi. Susu kambing juga bermanfaat dalam menenangkan saluran pencernaan dan mencegah rasa lapar.

Beragam Khasiat Susu Kambing yang Harus Anda Tahu

Kandungan gizi dan komposisi nutrisi susu kambing yang istimewa membuatnya sangat bermanfaat untuk kesehatan maupun menangkal berbagai jenis penyakit. Berikut ini berbagai khasiat dan manfaat susu kambing untuk kesehatan yang jarang diketahui umum.

Merangsang ASI

Buat ibu hamil, susu kambing bisa menjadi asupan gizi tambahan yang berguna untuk janin agar lebih sehat maupun menambah stamina selama kehamilan. Ibu yang baru melahirkan juga sangat disarankan minum susu kambing untuk merangsang kualitas maupun produksi ASI.

Mengatasi Masalah Osteoporosis

Kandungan kalsium susu kambing juga berguna untuk membantu mencegah maupun mengatasi masalah pengapuran tulang dan osteoporosis yang sering dialami orang berusia lanjut. Kandungan senyawa asam amino triptofan dalam susu kambing juga berkhasiat untuk memadatkan tulang sehingga mendukung tumbuh kembang anak.

Mendukung Pembentukan Tulang dan Gigi

Susu kambing sangat baik diberikan untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan karena kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi dalam susu kambing bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi.

Membersihkan Usus Besar

Susu kambing juga mengandung oligosaccharides yang berfungsi sebagai probiotik tubuh. Senyawa dengan gula sederhana ini juga ditemukan dalam ASI dan bermanfaat untuk mencegah penyakit akibat sisa makanan maupun membersihkan usus besar.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Susu kambing juga mengandung beragam senyama kimia yang berguna untuk mengatasi rasa lapar maupun melancarkan sistem pencernaan. Proporsi laktosa dalam susu kambing lebih mudah diserap dan dicerna.

Tidak Menimbulkan Alergi

Berbeda dengan susu sapi yang sering menyebabkan alergi dan perut terasa mules, susu kambing aman dikonsumsi karena tidak mengandung protein kompleks maupun senyawa kasein alpha 1 seperti dalam susu sapi. Bandingkan dengan manfaat jus jambu biji.

Mencegah Penyakit Saraf

Kandungan zinc dan magnesium dalam susu kambing juga bermanfaat sebagai antioksidan yang berfungsi untuk menangkal dan mengatasi penyakit saraf.

Mengatasi Defisiensi Zat Besi dan Anemia

Susu kambing juga mampu merangsang pembaharuan hemoglobin dan meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh. Karena itu minum susu kambing secara rutin bisa mengatasi gangguan anemia dan defisiensi zat besi.

Menurunkan dan Menstabilkan Kadar Kolesterol

Susu kambing juga mengandung asam lemak essensial seperti linoleat dan arakidonat yang berguna untuk menurunkan kadar kolsterol tinggi maupun mengontrol kadar trigliserida tetap normal, sehingga berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung.

Mengatasi Asma dan Gangguan Pernafasan

Kandungan flourin dan betasein dalam susu kambing berguna untuk mengatasi gangguan dan penyakit pernapasan, seperti asma, TBC (tuberculosis), bronchitis, ataupun infeksi paru-paru.

Demikianlah informasi tentang kandungan gizi dan beragam manfaat susu kambing untuk kesehatan yang semoga bermanfaat untuk anda.

Post A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *